Cost per mille (CPM), juga disebut Cost ‰ dan Cost per Thousand (CPT) (dalam bahasa Latin mille berarti ribu), adalah pengukuran yang umum digunakan dalam iklan. Radio, televisi, koran, majalah, out-of-rumah iklan, dan iklan online dapat dibeli atas dasar menunjukkan iklan seribu penonton. Hal ini digunakan dalam pemasaran sebagai metrik benchmarking untuk menghitung biaya relatif kampanye iklan atau pesan iklan dalam media tertentu.
Biaya per seribu tayangan advertising" metric (CPM) dihitung dengan membagi biaya placement advertising dengan jumlah impressions (diekspresikan dalam ribuan) bahwa menghasilkan. CPM berguna untuk membandingkan efisiensi relatif dari berbagai peluang iklan atau media dan dalam mengevaluasi biaya keseluruhan kampanye iklan.
Untuk media tanpa dilihat dihitung, CPM mencerminkan biaya per 1000 diperkirakan dilihat dari iklan. Bentuk tradisional ini mengukur biaya iklan juga dapat digunakan bersama-sama dengan model berbasis kinerja seperti persentase penjualan, atau biaya per akuisisi (CPA).
Tujuan
Tujuan dari metrik CPM adalah untuk membandingkan biaya kampanye iklan dalam dan di media yang berbeda. Sebuah kampanye iklan yang khas mungkin mencoba untuk menjangkau konsumen potensial di beberapa lokasi dan melalui berbagai media. Biaya per seribu tayangan (CPM) metrik memungkinkan pemasar untuk membuat perbandingan biaya antara media ini, baik pada tahap perencanaan dan selama review dari kampanye masa lalu.
Pemasar menghitung CPM dengan membagi biaya kampanye iklan dengan jumlah tayangan (atau peluang-to-lihat) yang disampaikan oleh masing-masing bagian dari kampanye. Dengan demikian, CPM adalah biaya kampanye media, relatif terhadap keberhasilannya dalam menghasilkan tayangan untuk melihat. Sebagai jumlah kesan umumnya cukup besar, pemasar lazim bekerja dengan tayangan CPM. Membaginya dengan 1.000 merupakan standar industri.
Konstruksi
Untuk menghitung CPM, pemasar pertama menyatakan hasil dari kampanye media (tayangan gross). Kedua, mereka membagi hasilnya ke dalam biaya media yang relevan:
Biaya iklan ($) / Tayangan Generated
Sebagai contoh:
Total biaya untuk menjalankan iklan adalah $ 15.000.
Penonton diperkirakan total 2.400.000 orang.
($ 15.000 / 2.400.000) = $ 0,00625
CPM dihitung sebagai: $ 0,00625 x 1000 (berarti per seribu tampilan) = $ 6,25
Catatan: Perhatikan bagaimana CPM adalah $ 6.25 dan tidak $ 0,00625, hal ini karena kita melihat biaya per seribu.
Dalam iklan online, jika sebuah situs web menjual iklan banner untuk $ 20 CPM, yang berarti biaya $ 20 untuk menunjukkan banner di 1000 tampilan halaman.
Sementara Super Bowl memiliki biaya iklan tertinggi per-spot di Amerika Serikat, juga memiliki paling pemirsa televisi setiap tahunnya. Akibatnya, CPM yang mungkin sebanding dengan tempat yang lebih murah ditayangkan selama pemrograman standar.







